Senin, 23 Desember 2013

Sochi International Street Circuit, Sirkuit Baru Formula 1 di Rusia

Sirkuit Jalanan Internasional Sochi (Inggris: Sochi International Street Circuit; Rusia: Trassa v Olimpiyskom Parke) sebelumnya dikenal sebagai Sirkuit Taman Olimpiade Sochi adalah sirkuit jalanan Formula 1 yang sedang dibangun di kota resor Krasnodar, tepi Laut Hitam, di Krasnodar Krai, Rusia. Sirkuit ini bentuknya mirip dengan Sirkuit Gilles Villeneuve di Kanada dan Sydney Olympic Park Circuit di mana sirkuit ini akan mengitari tempat-tempat yang digunakan untuk acara Olimpiade; dalam hal ini adalah Sochi Olympic Park (Taman Olimpiade Sochi), venue bagi Olimpiade Musim Dingin 2014. Balapan pertama di sirkuit ini akan dilangsungkan pada tahu 2014, tahun pertama dari tujuh tahun kontraknya. Meskipun demikian, dilaporkan bahwa balapan perama di sirkuit ini akan dimundurkan pada tahun 2015 apabila Komite Olimpiade Internasional meyakini bahwa persiapan balapan akan mengganggu Olimpiade Musim Dingin. Meskipun demikian, Hermann Tilke, desainernya, mengatakan bahwa ia berjanji sirkuit ini akan rampung pada bulan Juni 2014. Pada bulan Oktober 2011, Pemerintah Rusia menganggarkan dana US$ 195,4 juta untuk pembangunan sirkuit ini.
Pembangunan Sirkuit Internasional Sochi menandakan berakhirnya kampanye selama 30 tahun untuk mengadakan Russian Grand Prix, yang digagas pertama kali pada tahun 1983 sebagai "Grand Prix of Soviet Union". Namun pelaksanaannya ditinggalkan oleh "alasan birokrasi" dan beberapa usaha yang gagal pada tahun-tahun berikutnya.

Sirkuit Internasional Sochi menyatu dengan jaringan jalan umum dan terdiri dari dua sirkuit. Sirkuit yang panjang hanya digunakan untuk balapan Formula 1, sedangkan sirkuit pendeknya diperkirakan akan digunakan untuk menyelenggarakan berbagai ajang balapan motorsport. Sirkuit ini tidak aka digunakan sebelum upacara penutupan Olimpiade Muslim Dingin. Satu putaran sirkuit panjang, yang termasuk 1,7 kilometer jalan umum, jaraknya mencapai 5,87 kilometer dan menampilkan 16 tikungan, 11 ke kanan dan 5 ke kiri. Lebar lintasan bervariasi mulai dari 13 meter hingga 15 meter dan arahnya searah jarum jam. Perpaduan lintasan lurus dan tikungan yang sangat cepat membuatnya menjadi salah satu lintasan Formula 1 tercepat. Kelajuan tertinggi diperkirakan mencapai 320 km/jam.
Pembangunan sirkuit pada November 2013
Pemilik Formula 1, Bernie Ecclestone, menandatangani perjanjian dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk mengadakan "Russian Grand Prix" dari tahun 2014 hingga tahun 2020. Adanya sirkuit ini memenuhi harapan lama Presiden Putin supaya Rusia dapat menjadi bagian dari sirkuit balapan multijuta dolar ini, setelah upaya menyelenggarakan balapan di Moskow dan St. Petersburg gagal.
Sirkuit ini akan menjadi yang ketiga terpanjang di seluruh lintasan Formula 1, di belakang Spa Francorchamps di Belgia dan Silverstone di Inggris. Sirkuit ini akan dibangun mengelilingi Sochi Olympic Park, sekumpulan venue dari Olimpade Musim Dingin 2014 yang menyelenggarakan hoki es dan sepau es cepat, dan stadion untuk upacara pembukaan dan penutupan.
Sirkui ini akan bermula di pojok utara Taman Olimpiade dekat denga staium kereta, menuju pusat "medal plaza", yaitu podium bagi pengalungan medali Olimpiade. Sirkuit ini akan mengitari plaza dan kemudian belok ke timur menuju Kubah Es Bolshoy dan menuju serangkaian tikungan pendek sebelum berbalik ke utara di mana ia akan melintasi tepian Taman Olimpiade, di atas Main Olympic Village dan Adler Arena Skating Center.Sirkuit ini lalu melintasi arena skating sebelum meluncur di belakang paddock dan kembali lagi ke titik awal setelah melewati tikungan seratus delapan puluh derajat.
Peta Sirkuit Jalanan Internasional Sochi

Site Plan dari Sirkuit Jalanan Internasional Sochi
Lintasan lurus pada bagian start/finish antara lintasan pit dan tribun utama menyajikan pemandangan yang spektakuler bagi penonton.
Lintasan lurus antara tikungan pertama dan kedua mempunyai panjang 650 meter dan menungkinkan pembalap untuk menambah kecepatan hingga 321 km/jam. Kecepatan maksimum ini didapat dari hasil akselerasi sepanjang 1.155 meter yang dimulai dari tikungan ke-16, tikungan terakhir.
Tikungan ketiga adalah lintasan melingkar yang sangat cepat yang membentuk huruf "omega", yang memungkinkan pembalap untuk berakselerasi hingga kelajuan 305 km/jam. Hal ini merupakan tantangan yang cukup serius bagi pembalap, yang membutuhkan keahlian mengemudi yang cemerlang. Tikungan ini menyajikan pemandangan yang cukup menarik bagi pengunjung.
Kombinasi tikungan ke kanan dan ke kiri pada tikungan ke-9 dan ke-10 sebuah mobil Formula 1 akan dibawa pada kelajuan 314 km/jam dan pada tikungan ke-10 yang agak melingkar, pengemudi akan mengerem hingga kelajuan 109 km/jam.
Konstruksi tahap pertama melibatkan pembangunan beberapa bangunan berikut:
1. membangun bangunan untuk pit stop,
2. membangun bangunan untuk tim,
3. membangun pusat medis untuk pertolongan pertama, dan
4. membangun home stand.


Prinsip dasar pengintegrasian sirkuit Formula 1 dalam taman olimpiade:
1. tujuan utama yang akan dicapai adalah menjadi tuan rumah Olimpiade, dan proyek yang diprioritaskan untuk diintegrasikan adalah taman olimpiade,
2. keadaan utama untuk mendesain lintasan; karena Taman Olimpiade adalah obyek yang telah terbangun,
3. solusi untuk pemaduan adalah penggunaan pasca-Olimpiade yang optimal untuk infrastruktur Taman Olimpiade di dataran rendah Imereti,
4. pemaduan sirkuit Formula 1 di Taman Olimpiade menemui sasaran dari "Program Pembangunan Taman Olimpiade dan Pengembangan Sochi sebagai Resor Pegunungan",
5. dalam rangka mengoptimalisasi biaya pembangunan sirkuit Formula 1 dan Taman Olimpiade terdapat sinkronisasi antara penjadwala pembangunan fasilitas olimpiade dengan pembangunan sirkuit Formula 1,
6. dalam gambaran jadwal Taman Olimpiade dipertimbangkan langkah untuk mengawasi fasilitas yang dibutuhkan untuk kompetisi pengujian,
7. bangunan yang diperuntukkan bagi lomba Formula 1 (bangunan pit, bangunan bagi tim, pusat medis) selama ajang Olimpiade dan Paralimpiade akan digunakan untuk keperluan ANO Organizing Committee Sochi 2014,
8. sirkuit itu sendiri, yang tergabung dengan jaringan jalan raya di dataran rendah Imereti, akan terdiri dari dua lintasan, dengan lintasan yang panjang hanya diperuntukkan untuk balapan Formula 1 dan lintasan yang pendek diperuntukkan bagi berbagai ajang motorsport sepanjang tahun.
9. menghemat biaya yang digunakan untuk proyek Taman Olimpiade, yang dicapai dengan pemaduan dengan lintasan Formula 1.

Sochi International Street Circuit
Lokasi: Distrik Adlersky, Sochi, Krasnodar Krai, Rusia
Zona Waktu: MSK +0 (UTC +4)
Koordinat: 43,450687 LU dan 39,95778 BT
Mulai dibangun: Juli 2011
Event besar: Formula 1 (mulai 2014), GP2 Series (mulai 2014), GP3 Series (mulai 2014)
Arsitek: Hermann Tilke (Jerman)
Desainer: OOO "Strojproekt XXI" (Krasnodar)
Kontraktor Umum: Korporatsiya Inzhtransstroy
Keterangan: Sirkuit ini dipadukan dengan Taman Olimpiade, bangunan ini terletak dekat dengan media center di stasiun kereta api serta berdekatan dengan jalan raya, yang khusus ditujukan untuk kebutuhan Olimpiade dan terhubung dengan bandara. Lokasinya ini memberikan akses paling nyaman untuk semua moda transportasi.
Sirkuit Grand Prix
Panjang: 5.872 meter (3,649 mil)
Tikungan: 16
Sirkuit Pendek
Panjang: 2.313 meter (1,437 mil)

Jadwal GP Rusia (10-12 Oktober 2014)
Jumat, 10 Oktober 2014
Latihan Bebas I : 10.00-12.00
Latihan Bebas II: 14.00-15.30
Sabtu, 11 Oktober 2014
Latihan Bebas III: 11.00-12.00
Kualifikasi: 14.00
Minggu, 12 Oktober 2014
Race: 15.00


Lokasi Sochi International Street Circuit dalam Peta

Virtual Lap dari Sochi International Street Circuit


Sumber:
(Rusia) OMEGA Center (official development site). 2013. "Formula 1" (http://www.omega2014.ru/projects/formula1/, diakses pada 23 Desember 2013)
(Inggris) "Sochi International Street Circuit" (http://en.wikipedia.org/wiki/Sochi_International_Street_Circuit, diakses pada 23 Desember 2013)
(Inggris) "Sochi Olympic Park Circuit - Russian Grand Prix 2014" (http://www.f1mix.com/circuits/sochi-olympic-park-circuit.asp, diakses pada 23 Desember 2013)

0 komentar:

Posting Komentar