Jumat, 06 Desember 2013

Bahasa Toki Pona, Bahasa Buatan Paling Sederhana

Pernahkah pembaca mendengar tentang Bahasa Esperanto? Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar. Bahasa ini sukup populer dan kini mempunyai kurang lebih dua juta penutur, termasuk penutur sebagai bahasa kedua. Bahasa yang diciptakan oleh Ludwig Lazarus Zamenhof pada 1885 ini terkenal mudah dipelajari.

Lambang Toki Pona
Namun, bagaimana dengan Bahasa Toki Pona? Mendengar saja mungkin belum. Namun, di luar negeri, bahasa buatan (artificial language) ini cukup populer dibandingkan bahasa-bahasa buatan lain yang hanya digunakan beberapa orang saja dan kurang terkenal di dunia maya. Pada forumnya, telah terdapat lebih dari 300 orang terdaftar menjadi anggota. Sedangkan, berdasar sebuah survei, sekitar puluhan ribu orang mempelajari bahasa ini. Bahkan, sebuah edisi di Wikipedia pernah dibuat untuk bahasa ini dengan domain tp., sebelum akhirnya diubah dan dipindah domainnya menjadi wikia. 
Apa itu Bahasa Toni Pona?
Bahasa Toki Pona adalah bahasa buatan yang diciptakan oleh Sonja Elen Kisa, seorang ahli bahasa dari Kanada, pada tahun 2001. Secara bahasa, kata toki pona berasal dari dua kata dalam bahasa tersebut, yaitu toki yang berarti "ucapan, berbicara, bahasa" dan pona yang berarti "baik, bagus, memperbaiki", sehingga secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai "bahasa yang baik". 
Kisa mendasarkan bahasa ini pada filosofi Taoisme, "sedikit untuk banyak". Bahasa ini tercatat pada awal peluncurannya hanya mempunyai 123 kata, sangat sedikit untuk ukuran sebuah bahasa. Namun, Kisa mengatakan, dengan filosofinya tersebut, bahasa tersebut dapat digunakan untuk menyebut suatu istilah yang rumit hanya dengan beberapa gabungan kata-kata yang sederhana.

Pada awalnya, Kisa merujuk pada bahasa Navajo di gurun Nevada, AS, yang dapat menyebutkan istilah mereka sendiri untuk "tank" dari gabungan kata-kata yang mereka punya. Kisa juga merujuk pada bahasa Piraha di pedalaman Amazon, Brazil, yang mempunyai kosakata minimal, bahkan tidak ada kata untuk warna dan bilangan.
Diagram benda dan pengucapan
Bahasa ini hanya menggunakan 14 huruf (fonem) dalam kata-katanya, yaitu konsonan j (dibaca y), k, l, m, n, p, s, t, dan w serta huruf vokal a, e, i, o, u.
Dengan hanya mempunyai 123 kata, tentu saja penggabungan kata haruslah dilakukan untuk membentuk suatu konsep baru:
1. teman: jan pona (jan: orang; pona: baik)
2. kota: ma tomo (ma: daerah; tomo: rumah)
3. bur: telo nasa (telo: air; nasa: gila, aneh, mabuk)
4. tentara: jan utala (utala: berperang)
5. oranye: loje jelo (loje: merah; jelo: kuning)
6. hijau: laso jelo (laso: biru; jelo: kuning)
7. ungu: laso loje
8. tiga: tu wan (tu: dua + wan: satu)
9. empat: tu tu (2 + 2)
10. alat makan: ilo moku (ilo: alat; moku: makan, minum), frasa ini luas maknanya, mulai dari sendok, garpu, sumpit, atau justru gelas dan cangkir (moku bisa berarti minum),
dan masih banyak yang lain.
Struktur untuk kalimatnya sangat sederhana, di mana hanya ada tiga kata ganti: mi (saya), sina (kamu), dan ona (dia). Namun, menjadi begitu panjang jika terdapat banyak gabungan kata yang menunjukkan satu arti. Adapun contoh-contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  1. mi moku e kili: saya memakan buah (moku: makan, minum; e: penunjuk objek langsung; kili: buah)
  2. mi moku e telo kili suwi: saya minum jus (telo: air; kili: buah; suwi: manis; diartikan sebagai jus)
  3. sina wile pona e tomo tawa kepeken ilo pona: kamu ingin memperbaiki mobil dengan peralatan bengkel (wile: ingin, akan; pona: memperbaiki; tomo: rumah; tawa: bergerak, berjalan, pergi; tomo tawa = mobil; kepeken: menggunakan; ilo pona: alat untuk memperbaiki)
  4. tenpo nanpa luka luka luka tu la mi sike e suno: umur saya tujuh belas tahun (tenpo: waktu, masa, kali; nanpa: penunjuk angka; luka: tangan, namun kadang digunakan sebagai penunjuk angka lima, meskipun tidak disarankan; luka luka luka tu: 5+5+5+2=17; la: penghubung antar klausa; mi sike e suno: saya mengelilingi matahari = umur).

Sumber:
"Toki Pona" (http://en.wikipedia.org/wiki/Toki_Pona)

Baca juga:
Belajat Bahasa Toki Pona (dalam Inggris) (bknight0.myweb.uga.edu/toki/lesson/lesson0.html)
Belajar Bahasa Toki Pona (PDF) (http://rowa.giso.de/languages/toki-pona/english/lessons.php)(download link yang ada)
Toki Pona Wikia (tokipona.wikia.com)
Website resmi Toki Pona (en.tokipona.org)
Forum Toki Pona (forums.tokipona.org)

0 komentar:

Posting Komentar