Rabu, 14 Januari 2015

Shashki, Permainan Catur Ala Rusia

Shashki (bahasa Rusia: Russkie shashki) atau Russian checkers atau Russian draughts adalah permainan papan yang berasal dari Rusia. Permainan ini dimainkan di atas papan yang dicat hitam putih selang-seling dengan ukuran delapan kotak kali delapan kotak selayaknya papan catur pada umumnya. Permainan ini dimainkan oleh dua pemain yang berhadapan, masing-masing memainkan bidak putih dan bidak hitam. Tidak seperti permainan catur konvensional, tiap bidak pada shashki berbentuk lingkaran dan tidak ada bidak yang berperan sebagai benteng, kuda, dan sebagainya. Bentuk bidak yang bundar tersebut merupakan ciri dari permainan checker atau draught yang mempunyai banyak varian sesuai negara yang mengembangkan dan memainkannya.

Posisi awal permainan shashki
Permainan shashki ini sangat populer di negara asalnya, Rusia. Permainan ini juga mendapat perhatian besar di Belarus, Ukraina, Estonia, dan Yahudi Rusia yang bermigrasi ke Palestina. Permainan ini juga terkenal di kalangan orang-orang Jerman Rusia yang kembali ke Jerman setelah kejatuhan komunisme pada tahun 1989. Terdapat organisasi resmi yang memperkenalkan permainan ini, termasuk mengadakan kompetisi, bahkan kejuaraan dunia.


Aturan Main
Permainan ini dilakukan di atas papan hitam putih 8 x 8. Pojok kiri papan haruslah petak berwarna hitam. Tiap pemain mempunyai bidak awal sejumlah dua belas. Tiap bidak yang berbentuk lingkaran tersebut ditempatkan di kotak hitam pada tiga baris terdekat dengan pemain seperti gambar di atas. Baris yang terdekat dengan sisi yang dimainkan disebut "baris raja". Sisi putih bergerak lebih dahulu, lalu diikuti sisi hitam secara bergantian.
Bidak hanya dapat bergerak maju secara miring (diagonal) pada petak yang berwarna hitam apabila petak hitam di depannya kosong. Pemain hanya dapat melompati satu bidak lawan apabila di depan bidak lawan tersebut kosong. Pemain melakukan lompatan dengan cara melangkah dua petak dalam arah yang sama, yang mana ia menangkap bidak lawan pada langkah pertama dan mendarat di langkah kedua. Bidak yang terlompati akan ditangkap dan dikeluarkan dari papan. Lompatan ini dapat dilakukan baik maju (ke arah sisi lawan) ataupun mundur (ke arah sisi pelompat). Aturan lompat ini bersifat wajib, artinya apabila terdapat bidak lawan yang dapat dilompati, maka si pemain harus menangkap bidak tersebut. Lompatan berganda diperbolehkan apabila dimungkinkan. Setiap pemain harus melakukan lompatan sebanyak mungkin yang ia bisa. Apabila terdapat lebih dari satu bidak yang dapat dilompati, pemain boleh memilih salah satu bidak yang akan dilompati.
Bidak yang dapat terus maju hingga baris raja milik lawan akan dipromosikan menjadi raja (bahasa Rusia: damka 'pangeran'). Bidak raja (damka) dibedakan dari bidak biasa dengan menaruh satu bidak yang telah ditangkap di atasnya sehingga bidak raja dua kali lebih tinggi daripada bidak biasa. Bidak raja (damka) dapat bergerak sejauh yang ia bisa dalam arah diagonal, mirip gajah dalam catur, dan menangkap setiap bidak lawan yang dilewatinya.\
Seorang pemain memenangkan pertandingan apabila lawannya sudah tidak dapat melakukan suatu langkah yang sah, baik dengan cara menangkap seluruh bidak lawan ataupun dengan merintangi jalan bagi bidak lawan yang tersisa.

Shashki sebagai Olahraga
Peraturan resmi permainan ini dicetak pada 1884, dan kompetisi perdananya muncul pada tahu 1894. Sejak tahun 1993 terdapat kejuaraan dunia untuk shashki sebagai bagian dari kejuaraan dunia draughts-64, yang terdiri dari shashki dan draughts versi Brazil. Kejuaraan draughts-64 ini bermula pada tahun 1985 di bawah badan hukum World Draughts Federation Bagian 64. Terdapat juga kejuaraan  draughts-64 tingkat Eropa dan tingkat nasional.

Variasi
Tersapat beberapa variasi pengembangan dari permainan shashki, di antaranya adalah poddavki dan bashni. Peraturan untuk poddavki berkebalikan dengan shashki, di mana seorang pemain justru memenangkan pertandingan apabila ia sudah tidak dapat melakukan gerakan secara sah, baik dengan memberikan bidaknya untuk lawan maupun dengan membuat gerak bidaknya terhalangi. Sedangkan pada bashni, pion yang tertangkap tidak dikeluarkan dari papan, melainkan di bawah pion penangkap dan disusun seperti sebuah menara (bashni berarti 'menara').

Ingin Bermain Shashki?
Apabila Anda ingin bermain shashki di ponsel, permainan ini dapar diunduh melalui PlayStore pada Android dengan mengetikkan kata kunci 'shashki' pada kolom pencarian dan mengunduhnya. Bagi Anda yang ingin bermain secara daring, anda dapat mengunjungi situs Brainking, Checkersland, igGameCenter, dan Ludoteka. Bagi Anda yang ingin bermain secara langsung, Anda dapat pula membeli papan beserta bidaknya di toko permainan. Biasanya, papan bermain tersebut juga dilengkapi dengan bidak untuk bermain catur.

Sumber:
"Russian draughts" (http://en.wikipedia.org/wiki/Russian_draughts, diakses pada 14 Januari 2015)
"Russkie Shashki" (http://checkers.wikia.com/wiki/Russkie_Shashki, diakses pada 14 Januari 2015)

Lihat Pula
Peraturan resmi (http://fmjd64.org/rules-of-official-fmjd-competitions-in-draughts-64/)
Situs resmi badan draughts sedunia (FMJD) Bagian 64 (http://fmjd64.org/)
(bahasa Rusia) Situs resmi Russian Checkers Association (http://www.shashki.ru/)
(bahasa Rusia) Situs Rusia untuk shashki (http://damki.net/)
Permainan shashki di BoardGameGeek (http://www.boardgamegeek.com/boardgame/57409/shashki)
Permainan shashki di igGameCenter (http://www.iggamecenter.com/info/en/checkers_rus.html)
Permainan shashki di Ludoteka (http://www.ludoteka.com/russian_draughts.html)

0 komentar:

Posting Komentar