Jumat, 14 Februari 2014

Mari Menjaga Kebersihan Lingkungan - SWiSH Max 2

Banjir merupakan bencana alam yang dapat diakibatkan oleh ulah manusia. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan untuk membuang sampah di sembarang tempat, utamanya di saluran tempat air mengalir. Sampah yang dibuang pada saluran air akan mengotori dan mencemari air serta menghambat laju aliran air. Terhambatnya laju aliran air inilah yang menyebabkan tergenangnya air sehingga kemudian terjadilah banjir yang membawa luapan air yang telah tercemar oleh air. Dampak selanjutnya, air yang kotor tersebut dapat menyebabkan beragam penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga penyakit dalam seperti leptospirosis.

Kromatin Production mencoba membuat sebuah animasi sederhana yang menggambarkan bagaimana akibat dari membuang sampah pada saluran air yang kemudian mengakibatkan banjir. Dalam animasi berdurasi 51 detik tersebut, terlihat kebiasaan warga yang sering membuang sampah di sungai. Kemudian, datanglah hujan deras yang mengakibatkan banjir.
Animasi tersebut merupakan karya pertama Kromatin Production untuk kategori animasi Flash. Animasi tersebut dibuat dengan perangkat lunak SWiSH Max 2 dengan format .swf.
File animasi tersebut dapat dilihat di Google Drive di sini.

0 komentar:

Posting Komentar