Sabtu, 07 Desember 2013

Mengunduh dan Berbagi Literatur di Bookfi dan Libgen

Mencari sebuah literatur ilmiah adalah susah-susah gampang, apalagi yang berbahasa Inggris. Beberapa sumber/literatur tersedia secara gratis dan murah seperti di Scribd, namun ada pula yang berbayar.
Kali ini, penulis akan share tentang dua situs unduhan buku terpopuler, yaitu Bookfi (Book Finder, bookfi.org) dan Libgen (Library Genesis, libgen.info). Kedua situs yang berasal dari Rusia ini menawarkan beragam sumber literatur yang dapat diunduh secara gratis, dan tentunya, lengkap.

1. Bookfi.org (Book Finder)

Situs unduhan dari negeri Beruang Merah ini cukup lengkap, dengan 2.220.696 buku per 7 Desember 2013. Halaman mukanya berbahasa Rusia, namun Anda dapat mengganti bahasa pengantarnya di sudut kanan atas. Situs ini tersedia dalam tiga bahasa, yaitu Rusia, Inggris, dan Ukraina.


Tampilan muka situs bookfi.org
Untuk mencari literatur di situs ini cukup mudah. Anda cukup mengetikkan judul buku yang Anda cari di kolom search, lalu tekan tombol search di sebelah kanan kolom pencarian. Saya contohkan dengan mencari buku Introduction to Classical Mechanics yang ditulis oleh David Morin berikut ini.
Hasil pencarian dengan bookfi.org
Selanjutnya, Anda klik Download (PDF) dan unduhan Anda akan segera berjalan. Gratis dan mudah.

2. Libgen.info (Library Genesis)

Situs ini juga berasal dari Rusia. Tampilan muka situs ini terlihat lebih menarik dengan adanya kolom kategori yang berada di sebelah kiri layar. Cara mencari di situs ini juga tergolong mudah, cukup ketikkan judul buku yang akan Anda cari, lalu klik tombol pencarian.
Tampilan muka situs libgen
Kabar terbaru, alamat situs ini telah dipindahkan ke lib.freescienceengineering.org, dan apabila Anda mengetikkan alamat libgen.info di adress bar, maka akan ter-redirect ke situs ini. Berikut saya contohkan pencarian buku Gun, Germs, and Steel karya Jared Diamond menggunakan libgen.
Hasil pencarian menggunakan libgen
Selanjutnya, klik pada judul buku, lalu di bawah deskripsi buku, klik Get. proses pengunduhan akan berjalan. Cepat dan tidak rumit.

Selain dua situs di atas, masih banyak lagi situs unduhan buku gratis lainnya, seperti
1. Scribd
2. DocStoc
3. SpringerLink
4. Freebookspot.com
5. 4ebooks.org
6. Free-ebooks.net, dan
7. Manybooks.com.

Jangan takut!
Meskipun kedua situs di atas menggunskan bahasa Rusia sebagai bahasa pengantar, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengganti bahasa yang digunakan menjadi bahasa Inggris.

Mengapa situs berbahasa Rusia?
Sebelumnya banyak situs-situs unduhan PDF atau ebook gratis yang berasal dari negeri Paman Sam. Situs-situs tersebut cukup lengkap. Namun, di AS kemudian dikeluarkan sebuah peraturan yang melarang adanya pengunduhan buku elektronik melalui Internet. Mengapa?
Kebanyakan buku yang beredar di situs-situs tersebut tidaklah diunggah oleh penerbit/penulis yang bersangkutan, melainkan oleh pengguna buku tersebut yang mendapatkannya di toko buku lalu dipindai menggunakan scanner untuk selanjutnya diunggah ke Internet. Tentu saja hal ini merugikan toko buku dan sang penulis itu sendiri, di mana karyanya didapatkan secara bebas. Hingga akhirnya, untuk melindungi hak cipta dari sang penulis bahwa karyanya tidaklah dibajak/dijiplak secara bebas, mana situs-situs pengunduhan gratis yang berasal dari AS banyak yang ditutup.
Di Rusia sendiri, peraturan tersebut belum berlaku, maka situs-situs pengunduhan seperti Bookfi dan Libgen masih dapat beroperasi.
Di Indonesia, kasus ini mirip dengan kasus dilarangnya situs unduhan musik gratis yang menyebabkan merosotnya keuntungan perusahaan rekaman akibat penurunan hasil penjualan kaset/VCD/RBT dari artis yang bersangkutan.
Penting: hargailah hak cipta dan hasil karya orang lain.

Adakah buku-buku berbahasa Indonesia?
Buku-buku berbahasa Indonesia jarang ditemui di kedua situs di atas. Kemungkinannya adalah, orang Indonesia lebih gemar mengunggah hasil karyanya di situs-situs yang telah berbahasa Indonesia/Melayu seperti Scribd dan situs-situs gratis ebook lainnya.

Sumber:
Book Finder (en.bookfi.org)
Library Genesis (lib.freescienceengineering.org)

15 komentar:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk informasinya ...
    Saya juga mau berbagi informasi untuk rekan-rekan yang mencari ebook rohani bisa kunjungi http://visichristianstore.com/?product_cat=e-book. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Saya rasa asalkan penggunaannya tidak dikomersilkan dan niat untuk mensharing, tidak masalah. Kalau saya sendiri mungkin akan membeli bukunya jika tersedia. Sayangnya susah di cari ditoko buku.
    terima kasih.

    BalasHapus
  4. saya sekarang sudah tidak bisa mengakses libgen.org. Kelihatannya situs tersebut sudah dihapus/diblokir. Adakah informasi terbaru situs yang bisa menggantikan libgen.org?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama situsnya adalah libgen.info, bukan .org. coba ditulis saja di kotak alamat, nanti akan re-direct dengan sendirinya. link url-nya memang suka berubah-ubah, per 1 oktober ini namanya http://croco.freeonsciencelibraryguide.com/

      Hapus
    2. ada yg lai tidak masalahnya itu tiap x saya search tidak ada record

      Hapus
  5. kok situs library genesis ngga bisa d buka ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. situs unduhan gratis seperti libgen memang sudah biasa "kucing-kucingan" dengan penerbit, makanya url-nya suka ganti-ganti. ada beritanya di sini https://torrentfreak.com/sci-hub-and-libgen-resurface-after-being-shut-down-151121/
      jadi sekarang libgen ada di libgen.io dan online.golibgen.com

      Hapus
    2. Ko belum bisa juga yaaaa,..
      mohon bantuannya yaa

      Hapus
    3. http://gen.lib.rus.ec

      Hapus
  6. so far so good,,sangat membantu

    BalasHapus
  7. Terimakasih. bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa saya tidak bisa membuka kedua situs ini, sebelumnya pernah bisa. Ketika dibuka, keluar pesan 'Server Not Found'

      Hapus