Senin, 20 Januari 2014

Huruf Ł pada Alfabet Polandia

Huruf Ł atau ł atau L bergaris adalah huruf yang digunakan pada bahasa Polandia dan dua bahasa kerabatnya, Kashubia dan Sorbia yang termasuk ke dalam rumpun bahasa Slavia Barat.
Pada bahasa Polandia, Ł digunakan untuk membedakan antara 'L' yang dibaca tebal dan 'L' yang dibaca jelas. Pengucapannya mirip pada bahasa Inggris Amerika 'w' (contoh were, will, dan firewall) dan 'll' pada bahasa Arab 'Allah'. Huruf ini pertama kali diperkenalkan oleh Stanisław Zaborowski pada bukunya Ortographia seu modus recte scribendi et legendi Polonicum idioma quam utilissimus. L dengan garis pertama kali digunakan untuk mengejawantahkan bunyi velarized alveolar lateral approximant [ɫ], yang masih terawetkan di bagian timur Polandia dan pada masyarakat minoritas Polandia di Lithuania, Belarusia, dan Ukraina. Pengucapannya serupa dengan alfabet Rusia (Л) yang tidak terpalatalisasi pada kata-kata lokal.
Pada bahasa Polandia modern, huruf Ł dibaca mirip /w/. Pengucapannya ini pertama kali muncul pada kalangan bawah Polandia pada abad ke-16.  Hal tersebut dianggap oleh kalangan atas sebagai 'aksen yang tidak berbudaya' hingga pada pertengahan abad ke-20, perbedaan tersebut lama kelamaan menghilang. Huruf Ł pada akhir kata bahasa Polandia sering disejajarkan dengan huruf Ukraina <B> (huruf Sirilik 'v' dan alfabet Belarusia <Ў> (Sirilik 'y'). Sehingga 'dia memberi' adalah "dał" dalam bahasa Polandia, "дав" dalam bahasa Ukraina, dan "даў" dalam bahasa Belarusia (keseluruhannya diucapkan /daw/). 
Beberapa contoh kata dengan ł antara lain:
1. Wisła (Vistula)
2. Łodz
3. Michał (Michael)
4. Złoty
Pada beberapa negara di mana huruf 'ł' tidak tersedia, huruf 'L' biasa digunakan sebagai gantinya. Selain itu, huruf 'ł' sering diabaikan dalam Internet, sebagaimana huruf-huruf lain dengan tanda diakritik. Mengabaikan tanda diakritik tidaklah mengganggu komunikasi dengan penutur asli, namun menyulitkan bagi mereka yang belajar bahasa Polandia.

Sumber:

"Ł" (http://en.wikipedia.org/wiki/Ł, diakses pada 20 Januari 2014)

Baca pula:

"Diacritic" (http://en.wikipedia.org/wiki/Diacritic)

0 komentar:

Posting Komentar