Selasa, 08 Oktober 2013

Selamat Ulang Tahun, Vladimir!

Vladimir. Ya, dalam bahasa-bahasa Slavia, nama vladimir berasal dari dua kata, yaitu vladi  yang berarti memimpin atau memerintah, dan mir yang bisa berarti 'dunia' ataupun 'kedamaian'. Jadi, secara keseluruhan, vladimir berarti 'memerintah dunia' atau 'memerintah dengan damai'. Nama ini memiliki varian pada beberapa negara Slavia, contohnya Włodzimierz (Polandia)Volodymyr (Ukraina), Uladzimir (Belarusia), Vladimiro, Bladimir, Wladimir, dan bentuk femininnya yaitu Vladimira.[1]

Namun, pada artikel ini, penulis akan membicarakan tentang seorang tokoh dunia yang sekarang menjabat sebagai presiden Federasi Rusia, yaitu Vladimir Putin.Beliau baru saja berulang tahun yang ke-61 kemarin, pada saat konferensi APEC 2013 di Bali. Pada konferensi yang dihadiri oleh 21 kepala negara Asia Pasifik tersebut, orang nomor satu di Rusia tersebut dibuat senang karena mendapatkan kejutan yang tidak terduga, yaitu berupa ucapan selamat dari pemimpin negara APEC yang lain. Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turut menyemarakkan suasana dengan permainan gitarnya sambil menyanyikan lagu Happy Birthday."Saya mengucapkan terima kasih banyak atas ucapan ulang tahunnya. Itu suatu kejutan yang sangat mendadak bagi saya," kata Putin.


Vladimir Putin lahir di Leningrad (sekarang St. Petersburg), Rusia pada tanggal 7 Oktober 1952 dengan nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin.

Beliau merupakan anak dari Vladimir Spiridonovich Putin dan Maria Ivanovna Putina. Ia merupakan anak tunggal, karena kedua saudaranya meninggal ketika masih kecil, yang pertama ketika lahir dan yang kedua karena dipteri.

Vladimir menikah dengan Lyudmila Putina pada tahun 1978 dan memiliki dua anak yaitu Katya (lahir 1985) dan Masha (lahir 1986). Kedua anaknya lahir di Dresden, Jerman. Beliau memiliki anjing peliharaan bernama Tosca.

Kariernya bermula pada tahun 1975, setelah ia menyelesaikan kuliahnya di bidang hukum di universitas negeri di St Petersburg. Beliau menjadi intelijen KGB (dinas intelijen Uni Soviet) dan ditempatkan di Jerman hingga tahun 1990. Setelah kejatuhan Uni Soviet, beliau menjadi asisten bagi walikota St Petersburg, Anatoly Sobchak. Ketika Sobchak kehilangan jabatannya pada tahun 1996, Deputi Perdana Menteri merekomendasikannya untuk menjadi pejabat administrasi kepresidenan. Pada tahun1998, ia diangkat menjadi kepala Federal Security Bureay (FSB), dinas rahasia Rusia menggantikan Nikolai Kovalyov. Setelah presiden pertama Rusia Boris Yeltsin memberhentikan Perdana Menteri Sergei Stephansin, ia kemudian diangkat menjadi perdana menteri. Pada pemilihan presiden tanggal 26 Maret 2000, ia mendapatkan suara sebanyak 52,94 persen dan secara resmi dilantik pada tanggal 7 Mei 2000. Beliau kemudian menjabat selama dua periode hingga 7 Mei 2008 sebelum kemudian digantikan oleh rekannya di partai Rusia Bersatu, Dimitry Medvedev. Pada pemilihan umum tahun 2012, beliau kembali terpilih menjadi Presiden Rusia.

Boris Yeltsin menyatakan Vladimir Putin kepada seluruh rakyat Rusia dengan berkata bahwa "Dia dapat mengulangi kejayaan Rusia yang baru pada abad 21". Sergei Stepashin, pejabat yang digantikannya mengatakan bahwa dia seorang yang jujur. Mantan presiden Amerika Serikat, Bill Clinton
 mengatakan dia mampu untuk menjadikan Rusia sebagai negara yang berprospek dan kuat. Sedangkan mantan presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev ketika bertemu dengan Putin pada bulan Agustus 2000 memastikan dia tidak akan merusak Demokrasi Rusia.[4]

Kini, Konferensi APEC 2013 telah ditutup. Dan pasti, Vladimir Putin tidak akan melupakan hadiah yang diberikan oleh koleganya pada hari ulang tahunnya.
Selamat Ulang Tahun, Vladimir!


Sumber:
[1] "Vladimir (name)", (en.wikipedia.org/wiki/Vladimir_(name))
[2] "Kado Spesial SBY di Hari Ulang Tahun Presiden Vladimir Putin"(http://bisnis.liputan6.com/read/713824/kado-spesial-sby-di-hari-ulang-tahun-presiden-vladimir-putin)

[3] "Putin Terkejut Dinyanyikan Lagu Ulang Tahun oleh SBY" (http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/10/07/muav6e-putin-terkejut-dinyanyikan-lagu-ulang-tahun-oleh-sby)
[4] "Vladimir Putin" (id.wikipedia.org/wiki/Vladimir_Putin)

0 komentar:

Posting Komentar