Rabu, 29 April 2020

Sirkuit F1 Beirut Yang Tidak Pernah Terlaksana

Lebanon F1 Grand Prix
Lebanon hampir saja memenangkan hak untuk menyelenggarakan F1 pada tahun 1999. Bos F1 Bernie Ecclestone mendukung ide tersebut dan Direktur Balapan Charlie Whiting berkunjung ke Lebanon untuk memantau calon trek. Tanggapannya terbilang positif, "(Proyek) ini masih jauh dari lampu hijau", tapi ia menambahkan, "Tidak ada yang bisa menghentikan proyek ini untuk terus berlangsung. Rencananya, balapan akan digelar dalam sirkuit sepanjang 4,1 kilometer di pesisir Laut Tengah melewati pusat kota (Solidere) dan ada harapan besar agar rencana ini dapat disetujui. Menurut artikel BBC tahun 2001, Solidere yakin FIA akan memberikan lampu hijau dan delegasi Solidere juga direncanakan untuk datang ke Eropa untuk bertemu dengan FIA untuk membahas rencana kelanjutan sirkuit.

The Guardian juga merilis artikel dan menyatakan bahwa, "Sirkus Formula Satu akan bertolak ke kota yang dulunya paling berbahaya di dunia jika rencana Beirut untuk mengadakan F1 tahun 2006 disetujui".

Sayangnya, situasi politik tidak mendukung dan GP Beirut tidak pernah terdengar lagi.
Rancangan sirkuit F1 Beirut
Pemerintah Lebanon sendiri pada tahun 2003 sempat menunjuk IDEA, firma konsultan asal Beirut, sebagai manajer proyek.. IDEA ditugaskan untuk mempelajari dan mempersiapkan balapan Formula 1, termasuk juga mendesain untuk perencanaan transportasi selama proyek.

Treknya sendiri cukup menarik. Mengutip artikel dari DailyStar tahun 1998, "Jika semua terlaksana sesuai rencana, Michael Schumacher akan membawa Ferrarinya melintasi Minet al-Hosn, kemudian berbelok tajam di sekitar Hard Rock Café, lalu menggeber melewati Hotel St. George dan Phoenicia lalu ke pusat kota sebelum menyambut bendera kotak-kotak di garis finis".

Seluruh penggemar F1 di Lebanon, masih bermimpi agar GP Beirut dapat digelar, meski tidak dalam waktu singkat. Lebih lagi, jika proyek ini disetujui oleh FIA, Lebanon masih berjuang dalam hal ekonomi dan belum saatnya untuk berinvestasi dengan menggelar balapan.

Sumber:
Najib. 11 April 2016. "Here's How Beirut's F1 Grand Prix Would Have Looked Like". (blogbaladi.com/heres-how-beiruts-f1-grand-prix-would-have-looked-like)
IDEA. "Lebanon F1 Grand Prix" (ideasal.com/lebanon-f1-grand-prix)

0 komentar:

Posting Komentar