Rabu, 16 Juli 2014

Manpupuner, Keajaiban Tujuh Raksasa Batu Pegunungan Ural

Manpupuner, Tujuh Raksasa batu Pegunungan Ural

Terletak di bagian utara Pegununga Ural, Rusia, formasi tujuh batu raksasa secara misterius muncul dari dataran di sekelilingnya. Menjulang hingga 60 meter tingginya, formasi Baru Manpupuner tidak diketahui jelas asal usulnya dan mempunyai daya yang menakjubkan bagi pengunjungnya.


Manpupuner (Man-pupu-ner; Man-pupu-nyor) atau Formasi Tujuh Batu Raksasa atau Pilar dari Republik Komi adalah sekumpulan tujuh pilar batu raksasa aneh yang terletak di sebelah barat Pegunungan Ural di Distrik Troitsko-Pechorsky, Republik Komi, Rusia. Monolit-monolit tersebut berukuran antara 30-42 meter dan muncul pada dataran tinggi berbukit yang terbentuk akibat efek cuaca dari angin dan es.
Manpupuner (berarti "gunung kecil para dewa") adalah objek wisata geologis yang terletak pada daerah terpencil dan tidak ramah di Republik Komi. Oleh karena itu, akses ke tenpat ini hanya bisa dijangkau oleh pelancong dengan persiapan yang sangat matang dan datang menggunakan helikopter atau kereta luncur es.






Manpupuner adalah tempat yang menginspirasi lahirnya beragam legenda dari tahun ke tahun. Bantuk yang aneh dari bebatuan tersebut dan juga persebarannya (enam terletak berdekatan dan yang satu sedikit terpisah) mungkin menjadi dasar dari adanya mitos-mitos tersebut.
Berdasarkan legenda masyarakat setempat, pilar-pilar batu tersebut mulanya adalah rombongan raksasa dari bangsa Samoyed yang berjalan melintasi pegunungan Siberia dengan tujuan menghancurkan suku Mansi. Namun, setelah melihat gunung suci bangsa Mansi, dukun dari bangsa raksasa tersebut meletakkan genderangnya dan seluruh rombongan membeku menjadi batu.


Karena cuaca yang tidak menentu, pemandangan di sana sering berubah seketika, kadang hingga beberapa kali sehari. Setiap bulan terdapat pemandangan yang baru di dataran ini, yang membuat perjalanan ke sana sangat menarik, tidak memandang musim.



Prangko dari Rusia yang menggambarkan Raksasa Batu Manpupuner
Dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Rusia, formasi Batu Manpupuner merupakan atraksi yang sangat populer di Rusia, meskipun secara internasional kurang dikenal dan masih jarang diekspos oleh bidang pariwisata.
Di samping mencoba memahami terbentuknya monumen aneh ini, pengunjung juga mencoba tantangan yang lebih besar yaitu mendaki batu raksasa. Karena tingginya dan bentuknya yang tidak biasa, puncak dari raksasa batu ini sulit dijangkau walaupun oleh pendaki berpengalaman sekalipun. Namun, pada 19 Februari 2013, Stefan Gloacz berhasil mendaki salah satu batu tersebut.

Sumber:
"Manpupuner Rock Formations" (http://www.atlasobscura.com/places/manpupuner-rock-formations, diakses pada 16 Juli 2014)
"Manpupuner Rock Formations" (http://en.wikipedia.org/wiki/Manpupuner_rock_formations, diakses pada 16 Juli 2014)

The Seven Giants of the Urals: Man-Pupu-Nyor, Russia (http://www.tourismontheedge.com/places/europe/the-seven-giants-of-the-urals-man-pupu-nyor-russia.html, diakses pada 16 Juli 2014)

0 komentar:

Posting Komentar