Selasa, 12 November 2013

Apakah Entri di Bawah Ini Berasal dari Bahasa Arab? Menyelidiki Pengaruh Bahasa Arab dalam Bahasa Inggris

Bahasa Arab merupakan bahasa umat Islam. Banyak istilah-istilah dalam Islam berasal dari bahasa Arab, seperti musyawarah, qardhil hasan, dan zakat fitrah, meskipun terdapat pula beberapa kata asing yang telah diarabkan, seperti firdaus (dari bahasa Persia yang berarti "surga") dan jin (dari bahasa Persia/Sanskerta yang berarti "api"). Banyak pula kata-kata dari bahasa Arab yang masuk ke bahasa Inggris, seperti admiral dari amir-al-bahr (pemimpin di lautan). Di sisi lain, banyak nama-nama, khususnya bidang astronomi dan kimia, berasal dari bahasa Arab, contohnya nama bintang Betelgeuse (bait-al-jauz, rumah sang raksasa), senyawa alkana, aldehid, dan alkohol.

Namun, mungkinkah entri-entri berbahasa Inggris di bawah ini berasal dari bahasa Arab?


1. Kahfi (gua) ==> cave?
Secara fonologi hampir sama. Kemungkinan kata ini diserap dari bahasa Spanyol cueva atau Bahasa Portugis cavern. Dalam bahasa Germanik, cabang di mana bahasa Inggris berada, hanya bahasa Inggris yang mempunyai kata yang miip dengan al-kahf, seperti Bahasa Jerman Hoehle, bahasa Belanda grot, dari bahasa Prancis grotta.
Jika kata ini berasal dari bahasa Spanyol/Portugis, kemungkinan kata tersebut juga merupakan kata serapan dari bahasa Arab. Sebagaimana diketahui, bahasa Arab digunakan hampir tujuh abad selama masa kekuasaan Islam di Spanyol.

2. Bahr (laut) ==> marine?
Kata marine bukan asli bahasa Inggris, namun berasal dari bahasa Latin. Yang mengherankan, kata yang mirip bunyinya tersebar di seluruh Eropa, seperti bahasa Jerman Meer, bahasa Spanyol mar (dari bahasa Latin mare, bahasa Rusia more, bahasa Wales mor, dan bahasa Polandia morze.
Seperti nama kota Bombay yang menjadi Mumbai dan Bakkah (lihat Quran 3:96) menjadi Makkah, mungkin pula al-bahr menjadi mare dalam bahasa Latin.
Dalam ilmu linguistik, terdapat istilah Wanderwort, yaitu kata yang tersebar sangat luas di mana-mana pada masa sekarang, dikarenakan adanya kontak bahasa pada masa lalu yang sangat kuno. Contohnya adalah orange (jeruk) yang berasal dari bahasa Arab naranj, yang berasal dari bahasa Sanskerta naranga, yang sebenarnya berasal dari bahasa Dravida naranj. Berdasarkan penelitian, kata ini sudah tersebar sejak kontak antara orang Arya dan Dravida, kurang lebih 2000 SM.
Mungkinkah kata al-bahr juga merupakan Wanderwort?

(Bersambung)

Baca juga:
"Wanderwort" (http://en.wikipedia.org/wiki/Wanderwort")

0 komentar:

Posting Komentar